Headlines News :
Home » » Adat dan Budaya Tana Toraja yang Eksotik

Adat dan Budaya Tana Toraja yang Eksotik

Written By Unknown on 12/25/16 | 10:43 PM

Toraja memang terkenal memiliki sebuah tradisi mendandani mayat layaknya seperti saat masih hidup. Tradisi ini disebut dengan Ritual Ma'nene (foto: http://wisataterbaikindonesia.blogspot.co.id)
Hak Cipta: © 2016 http://wisataterbaikindonesia.blogspot.co.id

Suku Toraja adalah kelompok etnis pribumi yang mendiami wilayah pegunungan di Sulawesi Selatan, tepatnya di Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja. Suku dengan populasi sekitar 650.000 jiwa itu memiliki sejumlah tradisi yang terbilang unik.
Karena keunikan ini, tradisi orang Toraja memiliki daya tarik tinggi di mata wisatawan lokal maupun mancanegara. Tak heran pula, Tana Toraja menjadi salah satu situs warisan budaya dunia yang terdaftar di UNESCO.
Tana Toraja terkenal karena ritual pemakaman mereka yang kerap dinilai aneh oleh orang luar. Suku ini menyimpan jasad kerabat yang meninggal di dalam gua-gua atau lubang di tebing-tebing gunung. Selain itu, suku ini juga mengenal kuburan gantung.
Upacara pemakaman Toraja adalah acara yang paling sakral, sekaligus bernuansa mistis. Selain itu, upacara ini juga biasanya digelar besar-besaran. Konon, upacara kematian di sana bisa menghabiskan miiaran rupiah.
Di sisi lain, upacara ini juga sangat menarik perhatian wisatawan. Ketika ada upacara kematian orang terpandang di Toraja, ribuan wisatawan akan memadati areal upacara untuk bisa menyaksikan langsung ritual unik ini.
sumber: /www.otonomi.co.id
Share this post :

+ komentar + 1 komentar

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Media Toraja Copyright © 2016. TorajaToday - All Rights Reserved
Developer by Herpas Published by Media Toraja
Proudly powered by Blogger