Headlines News :
Home » » Anggota DPRD Tator Soroti Rencana Pengalihan Aliran Sungai Sa’dan

Anggota DPRD Tator Soroti Rencana Pengalihan Aliran Sungai Sa’dan

Written By rindu kelana on 10/10/16 | 4:05 PM

Paulus Paonganan, Anggota DPRD Kab. Tator
Klik Toraja- Anggota DPRD Tator Paulus Paongnan menyoroti rencana pihak manajemen perusahaan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Malea mengalihkan aliran sungai Sa’dan di kecamatan Makale Selatan.  

“Harus ada kajian mendalam tentang analisis dampak lingkungan hidup (amdal) terkait sebelum rencana pengalihan aliran sungai yang dilaksanakan pihak PLTA Malea. Apalagi jika pengalihan arus sungai untuk kepentingan perusahaan,” tegas Paulus Paongnan kepada tim klik-toraja.blogspot.co.id, Senin 10/10/2016.

Paulus menyatakan saat ini, pihak PLTA Malea tengah melakukan proses pembebasan lahan untuk pengalihan aliran sungai. Apabila tidak dilakukan kajian dan evaluasi masalah amdal tentang pengalihan sungai, akan berdampak kerusakan lingkungan sekitarnya.  Tidak hanya itu, fasilitas umum seperti jalan serta rumah penduduk akan terkena dampak buruk kalau pengalihan aliran sungai dilakukan dengan sembarangan. Sebab, sungai sudah memiliki aliran tetap sehingga tidak bisa digeser asal-asalan.

Legislator PDI Perjuangan itu pun meminta kepada manajemen PLTA Malea agar benar-benar melakukan kajian dan evaluasi amdal sebelum melakukan pemindahan aliran sungai Sa’dan. Kajian dan evaluasi amdal itu sebagai upaya antisipasi dini terhadap kerusakan lingkungan sekitarnya.


“Lebih baik mencegah lebih dini daripada lingkungan sudah rusak baru dilakukan upaya penanganan. Itu sudah tidak ada gunanya lagi. Jadi, saya minta sekali lagi, agar pemindahan aliran sungai Sa’dan harus melalui kajian amdal,” pungkas mantan kepala lembang Kayuosin itu. (tim) 
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Media Toraja Copyright © 2016. TorajaToday - All Rights Reserved
Developer by Herpas Published by Media Toraja
Proudly powered by Blogger